Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

17 August 2008

Lenovo ThinkPad X301 Menantang Apple MacBook Air

Takjub dengan tipisnya Apple MacBook Air? Tapi masih mau tetap memakai Windows atau Linux? Cobalah padanannya yang akan diluncurkan oleh Lenovo (dulu IBM, kemudian dibeli oleh Lenovo China). Lenovo super tipis yang diberi nomor versi X301 ini memakai teknologi SSD (Solid State Disk) dan bukan hardisk biasa, sama dengan MacBook Air. SSD berbasis flash memory (sama persis dengan teknologi flasdisk anda). Jadi akan sangat menghemat tempat dalam casing yang sangat tipis dan sempit. Spesifikasi dibuat sangat tinggi (high-end) sehingga harganya juga luar biasa mahal. Harga diperkirakan mulai dari USD 2599 (sekitar Rp 25 juta). Tanggal peluncuran adalah 26 Agustus 2008. Versi WiMAX baru akan muncul akhir 2009 (lama sekali ya?). Baca juga berita MacBooc Air yang saya tulis pada saat peluncurannya dulu.

Lalu untuk apa notebook kecil dan tipis seperti ini? Saya masih ingat ketika dulu Apple iPod muncul dengan teknologi super tipis semacam ini. Seorang anak SMP yang menggunakan dan selalu memasukkan ke kantong celana jeans akhirnya gigit jari karena iPod nya patah, saking tipisnya. Demikian juga untuk laptop tipis ini, dipakai dalam keadaan apa ya? Bagi anda yang memiliki uang dan ingin tampil beda, bisa jadi inilah pilihannya. Tapi bagi orang yang mengutamakan fungsionalitas dengan kantong pas-pasan, rasanya bukan produk ini pilihannya. Kembali ke anda sendiri...

Prosesornya sangat baru, memakai Intel Core 2 Duo ULV (ultra low voltage) U9300 (1.2GHz) and U9400 (1.4GHz) dengan 6MB L2 cache and 1066MHz FSB. Hingga hari ini versi prosesor Intel yang akan dipakai ini belum dirilis oleh Intel sendiri. Memory hingga 2GB of DDR3 RAM. SSD yang dipakai juga top of the class, kapasitas 80GB atau 128GB (versi 128 GB baru akan masuk pasar September 2008). Bandingkan dengan UMPC seperti Asus Eee PC yang hanya sampai 32 GB. Secara umum, laptop ini punya ukuran sangat tinggi, namun akan dijual tanpa optical drive, dan hati-hati juga memakainya karena teramat tipis. Belum ada data teknis dimensi ukurannya, namun dari gambar, tampaknya tidak akan setipis MacBook Air yang bisa dimasukkan amplop segala.

Berikut keterangan legkap mengenai spesifikasinya dalam bahasa Inggris yang saya dapatkan dari berbagai sumber:
Intel Core 2 Duo ULV (ultra low voltage) U9300 (1.2GHz) and U9400 (1.4GHz) dengan 6MB L2 cache and 1066MHz FSB. Support up to 2GB of DDR3 RAM. SSDs of the 80GB or 128GB (sebelumnya di X300 hanya ada opsi 64GB). DisplayPort jack is included. Mobile broadband quality and GPS.

Bandingkan dengan Apple MacBook Air:
Processor Intel Core 2 DUO 1.80GHZ. OS Mac OS X v10.5 Leopard. Solid-State Drive (SSD) 64GB. RAM Max 2GB. Harga berkisar USD 2200. Screen 13.3 inch. Berat 3 Pounds. iSight camera. AirPort Extreme Wi-Fi. Bluetooth 2.1.

Gambar diatas adalah Lenovo ThinkPad X300. Gambar dibawah ini adalah Apple MacBook Air.



5 comments:

lottery gambling said...

Well done for this wonderful blog.

Anonymous said...

wahhh berita ini udah ada di DETIK.NET sebelum nya..!!!

Mohamad Adriyanto said...

betul mas, sisi "news/berita" nya bisa jadi sudah ada dimana2. tapi blog ini selalu berusaha melihatnya dari sisi berbeda, yaitu dari seiei melihat "hikmah" nya bagi masyarakat luas... tks.

infoGue said...

Artikel anda di

http://apple.infogue.com/lenovo_thinkpad_x301_menantang_apple_macbook_air

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

The Geeks said...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...