Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 August 2008

Menikmati Lonjakan Traffic dari Google Search

Beberapa minggu belakangan ini, blog Hikmah Teknologi tiba-tiba mendapat kunjungan (istilah dalam Google Analytics adalah visit) yang melonjak sangat tajam. Anda bisa langsung melihatnya di live traffic report dari Feedjit yang saya pasang juga di blog ini. Hampir setiap 5 menit pasti ada pengunjung yang masuk dan mengunjungi. Tidak peduli siang atau malam, weekdays atau weekend. Sehari mencapai 400-500 visit, angka yang jauh sekali diatas normal. Biasanya dalam keadaan normal, visit mencapai average 100 per hari. Angka 100 per hari saja bagi saya sudah luar biasa bagus, apalagi hingga 400-500. Mau tahu apa yang menyebabkannya?

Jawabannya: karena adanya Olimpiade Beijing 2008. Karena ketertarikan saya yang tinggi terhadap event ini, saya menulis beberapa posting yang berkenaan dengan event dunia ini. Kebetulan judul dan isi tulisan ternyata pas dengan keyword yang paling dicari di Google di hari-hari belakangan ini. Keyword yang sangat banyak itu berkisar di pencarian jadwal olimpiade, olimpiade beijing, foto pembukaan olimpiade, dll. Untungnya saya, tulisan blog saya berjudul "Jadwal Olimpiade Beijing 2008 Pakai Excel!" ternyata masuk urutan paling atas di search result Google.com dan Google.co.id atas keyword "jadwal olimpiade". Lihat screenshot nya dibawah ini. Untuk keyword "foto olimpiade", masuk urutan ke-7.

Itulah yang kemudian membuat traffic inbound ke blog saya jadi semakin tinggi dari hari ke hari. Tentu saja itu membuat saya luar biasa bersemangat untuk membuat lebih banyak lagi tulisan, terutama sambil menerapkan "aji mumpung" memanfaatkan kunjungan yang luar biasa tinggi hari-hari ini. Maka muncullah tulisan-tulisan saya lainnya yang bertema Olimpiade Beijing yang saling saya tautkan (linked) satu sama lain agar bisa saling mendukung datangnya para pengunjung.

Saya juga mulai berpikir untuk menyiapkan topik-topik lain yang saya pikir akan populer dicari melalui search engine di kemudian hari.

Yang menarik, sejak menjelang pembukaan Olimpiade beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk menghilangkan informasi profile tertulis mengenai diri saya di halaman depan blog ini. Jadi tidak ada lagi foto saya, nama saya, lokasi saya serta info singkat tentang diri saya disini, hanya judul blog: Hikmah Teknologi. Saya berpikir bahwa faktor ini juga membawa pengaruh terhadap banyaknya traffic yang masuk. Saat mereka melihat bahwa penulisnya hanya "orang biasa" dari kota kecil, pastilah timbul ketidak percayaan dari para pengunjung, apalagi yang saya muat di blog ini rata-rata adalah ulasan informasi atas kemajuan teknologi terkini. Only God knows...

Lebih menyenangkan lagi, tulisan saya tentang sistem informasi perolehan medali Olimpiade Beijing 2008 yang saya masukkan ke Blogger beberapa hari lalu ternyata juga loncat masuk ke urutan ke-2 Google search result dari pencarian dengan keyword "perolehan medali olimpiade", keyword yang sangat ramai sekali diketikkan hari-hari ini. Juga masih di nomor 4 untuk keyword "urutan medali olimpiade". Padahal saingan untuk keyword seperti ini rata-rata datang dari media massa besar seperti Kompas.com dan Antara.co.id.

Bagi saya, ini merupakan suatu pengalaman yang luar biasa. Saya juga sangat menikmati keadaan ini. Suatu keadaan yang tidak mungkin saya dapatkan di masa lalu saat teknologi informasi belum semaju saat ini. Keadaan ini juga tidak banyak dialami oleh orang lain...

Dengan semangat sangat tinggi, saya share kisah ini, dengan harapan bisa memberi inspirasi bagi para blogger Indonesia lainnya. Bangkit blog Indonesia...! Ayo kita dukung sama-sama, klik disini.





No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...