Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

27 March 2008

Roy Suryo vs Blogger & Hacker

Saya secara pribadi respek dengan pak Roy Suryo. Pada satu sisi, ada banyak hal positif yang telah dia lakukan untuk peningkatan awareness masyarakat terhadap hal-hal berkenaan dengan teknologi informasi. Dengan gaya selebriti-nya, ybs telah mampu memperkenalkan wajah IT yang lebih user-friendly, lebih mudah dicerna dan bisa secara efektif memasukkan paham-paham ke-IT-an serta urgensi penanganannya ke masyarakat. Acara yang dia host di MetroTV misalnya telah terbukti menarik minat banyak elemen masyarakat yang masuk area abu-abu, area bagi orang-orang yang punya minat terhadap IT, namun tidak memiliki pengetahuan teknis yang memadai. Roy bisa jadi jembatan yang baik.

Sedih juga kadang-kadang melihat seorang Roy Suryo seperti yang saya deskripsikan diatas kemudian dihujat dan "dicincang" habis-habisan di berbagai forum di Internet. Saya perhatikan, yang melakukannya kebanyakan justru adalah orang-orang IT hardcore yang memang punya pengetahuan teknis tinggi yang mungkin agak terluka menyaksikan aksi Roy yang cenderung "arogan" dan menyederhanakan masalah.

Saya pun termasuk orang yang kadang-kadang risih melihat aksi Roy yang kadang-kadang overacting dan suka salah buat statement secara teknis. Kalau sudah melihat sisi-sisi negatif ybs, memang kadang-kadang saya kesal juga. Lihat ulah dia yang datang ke lokasi di laut tempat jatuhnya pesawat Adam Air dengan membawa peralatan yang entah dia pinjam dari mana, kemudian dia mulai berbicara teknis yang saya yakin baru beberapa jam yang lalu dia baca di Internet. Pengetahuannya jelas tidak deep dan bisa salah interpretasi, apalagi dia bicara secara publik, mempengaruhi para pengambil keputusan dan juga berpengaruh terhadap opini masyarakat.

Terakhir adalah statement nya tentang para blogger dan hacker yang akan men-sabotase UU ITE (Informasi & Transaksi Elektronik). Dia menciptakan opini seakan-akan para blogger dan hacker adalah "musuh" yang harus diwaspadai dan bahkan diberantas. Betul begitu atau hanya persepsi saya saja, tolong betulkan...

Bagi saya, blogger dan hacker, in general, adalah para pahlawan bangsa. Terutama dimasa-masa saat ini ketika peran pemerintah sangat kecil dalam keterlibatannya memperkaya content berbahasa Indonesia di Internet (peran blogger), dan dalam memperlihatkan ke dunia luar bahwa bangsa kita adalah bangsa yang sudah amat canggih penguasaan teknologi informasinya (peran para hacker).

Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, orang-orang yang sebagian besar secara sukarela menulis, membagi pengetahuan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan berbasis IT di Indonesia. Search lah di Google, cari keyword mengenai pelajaran Fisika misalnya. Akan muncul di deretan atas situs-situs blog para blogger yang tidak pernah minta dana ke pemerintah, tidak pernah minta bayaran, tapi dengan tulus membagi ilmu yang dipunyainya untuk masyarakat. Situs-situs Depdiknas? Ada sih... tapi dalam volume yang sangat kecil dan growth yang sangat pelan.

Hacker? Tahukan Roy bahwa hacker adalah orang-orang pintar dan kreatif yang memiliki ilmu esensial dan sangat penting dalam pengembangan IT di Indonesia. Bahkan pakar seperti Onno Purbo pun adalah seorang hacker. Hacking adalah salah satu bidang ilmu sains komputer yang sangat penting dan yang menguasainya akan dengan mudah menguasai bidang ilmu turunan IT lainnya. Atau bisa dibalik, seorang yang sudah bisa hacking dengan baik adalah seseorang yang pasti memiliki banyak ilmu secara lengkap di bidang IT. Silahkan betulkan saya bila salah, saya bukan ahli bidang ini.

Para hacker Indonesia malang melintang di forum-forum diskusi Internet dan disegani oleh kalangan IT seluruh dunia. Tahukah Roy? Atau dia menutup mata dan telinganya? Tahukah dia bahwa hacking adalah ilmu "putih", bisa jadi "hitam" apabila "intent" nya beda atau salah. So, jangan generalisir istilah "hacker".

Roy sedang melakukan pembodohan masyarakat. Bukan karena dia ingin melakukannya, maybe..., tapi karena ketidakmengertiannya. Lagi-lagi mungkin...

Rakyat yang kemudian kadung mempersepsikan blogger dan hacker sebagai hal yang buruk akan sangat memukul perkembangan IT di Indonesia. Bangsa kita masih terkebelakang, masih sangat memerlukan lebih banyak lagi blogger dan hacker untuk mengangkat bangsa yang terpuruk ini, untuk menjaga jarak ketertinggalan kita dari negara-negara maju lainnya seperti Cina dan India. Mustinya orang sekualitas Roy Suryo sadar hal itu. Dia punya power luar biasa besar dalam kemampuannya untuk menentukan persepsi publik, mustinya ybs tahu apa yang harus dilakukannya untuk kemajuan bangsa ini...

Written on: Asus Eee PC 4G Black

2 comments:

SanKo said...

Ada saat tertentu yang saya masih malas melacaknya di milis-milis yang dia ikuti dan juga saya ikuti.

Ketika itulah Roy Suryo mungkin sudah tidak membaca lagi email di milis-milis yang dia ikuti karena kesibukannya yang lebih mengarah ke selebritis dibanding IT.

Saat itulah RS saya duga sudah tidak mengikuti perkembangan IT di Indonesia secara lebih mendalam.

Anonymous said...

nice post,,,,,
menurut gw roy suryo seperti
kata pepatah "tong kosong nyaring bunyinya"


bravo blogger indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...