Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

15 March 2008

Transaksi Mobile? Sudah Waktunya?

Beberapa hari ini saya sibuk "merayu" sebuah media cetak besar di tempat saya tinggal. Apa yang dirayu? Saya dan teman-teman merayu mereka agar mau men-"digital"-kan berita mereka. Bukan melalui website, kalau itu sih sudah biasa, tapi dibuat delivery langsung ke ponsel pembacanya. Asyik kan? Konsep baru? Tidak juga, teknologinya sudah tersedia cukup lama, bahkan tergolong "tua" untuk ukuran kecepatan perkembangan teknologi saat ini.

Kebetulan kami berhasil mendapatkan "lisensi" untuk menerapkan teknologi WAP 2.0 di salah satu operator seluler besar yang berkembang pesat di Indonesia. Lisensi ini tentu saja tidak mudah untuk didapat, perlu kompetensi yang cukup serta berhasil lolos beberapa tahap uji coba kelayakan.

Teknologi ini kami kembangkan sedemikian rupa sehingga menurut saya sudah sangat "layak jual". Content-content digital yang kita online-kan, kemudian bisa "dijual" dengan sangat mudah. Dengan teknologi sederhana, "pembeli" yang browsing di WAP site yang kami buat, ketika mereka memutuskan untuk "membeli" produk tertentu seperti berita, lagu, wallpaper, download game, dll maka proses transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan langsung mengurangi pulsa pengguna ponsel tersebut. Jauh lebih sederhana dari transaksi pembayaran online biasa yang menggunakan kartu kredit atau transfer melalui ATM/bank.

Hebatnya lagi, variasi unit-unit harga yang kita pasang bisa sangat bervariasi dan cenderung bebas ditentukan. Dari harga Rp 200 hingga Rp 15.000 telah kami terapkan dengan mudah dan berhasil. Bahkan sebenarnya besaran unit harga ini bisa tidak terbatas. Walau mungkin agak belum memungkinkan untuk memasang harga terlalu tinggi seperi Rp 50.000 atau Rp 100.000.

Tapi saya sangat yakin bahwa masa depan pola online business begini akan semakin berkembang dan satu saat bisa menjadi mainstream karena kemudahannya. Saya tidak ingin ketinggalan dan harus jadi pionir agar pada saatnya benar-benar booming, maka saya dan teman-teman sudah memiliki "first mover's advantage". setuju? Ada yang mau ikut jadi pionir?

Doakan kami berhasil dengan "terobosan-terobosan" fresh berbasis mobile web yang sedang kami kerjakan dan kami rintis dari nol. Visit beberapa demo di www.atom.web.id

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...