Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

08 April 2008

Pengelolaan SMS yang Lebih Produktif

Perkembangan penggunaan SMS saat ini sudah sangat masif di kalangan masyarakat. Tidak hanya untuk urusan-urusan kecil dan non-formal, tapi juga untuk urusan formal. Bahkan dalam banyak kasus, pesan SMS dijadikan barang bukti untuk menagih janji, alat dokumentasi pekerjaan, bahkan dibawa ke pengadilan sebagai material pembuktian hukum. Tampaknya fenomena ini sudah mendunia dengan pengecualian di beberapa wilayah seperti Amerika Serikat.

Dengan kemampuan dan kapasitas ponsel yang ada di pasaran saat ini, sulit untuk berharap bahwa SMS akan bisa dikelola secanggih pengelolaan email memakai Outlook atau Thunderbird misalnya. Hal-hal mendasar yang ada di email client PC kita atau web email client kita tidak dapat dilakukan oleh SMS client sederhana yang ada di ponsel, kecuali di beberapa ponsel kelas high-end atau PDA phone.

Contohnya kapasitas penyimpanan yang relatif terbatas. Pada ponsel-ponsel jadul (jaman dulu) kita terpaksa harus menghapus SMS lama karena kapasitas penyimpanan habis dan apabila tidak dihapus akan membuat kita tidak dapat menerima SMS baru.

Kemudian juga fitur search yang sangat terbatas bahkan tidak ada sama sekali di banyak jenis ponsel. Padahal fitur ini sudah semakin dibutuhkan dan menjadi semakin canggih seperti yang diterapkan di Gmail. Di kebanyakan ponsel, kita harus memeriksa pesan SMS satu per satu secara manual untuk menemukan pesan tertentui (baik yang sudah terkirim) atau yang masih draft misalnya. Bayangkan kalau ada ratusan SMS di inbox kita.

Siang ini saya menyaksikan seorang profesor rekan saya yang mengajar sekitar 400 mahasiswa di 5 kota di Indonesia dalam waktu bersamaaan ternyata sangat mengandalkan segala sesuatunya pada SMS. Dia minta agar semua hal baik dari mahasiswa, staf akademik dan juga saya sebagai rekan mengajarnya disampaikan melalui SMS. Beliau bilang dengan SMS, dia terhindar dari penyakit lupa. Dan itu dibuktikan dengan nyata.

Ketika ada dispute dengan seorang staf akademik mengenai sesuatu hal, dia lantas merogoh tasnya, mengeluarkan Nokia Communicator 9300nya, dan langsung menunjukkan seuah SMS kepada staf tersebut... dan bereslah persoalan. Hebat juga...

Saya sendiri termasuk sangat tidak teratur dalam mengatur per-SMS-an saya. Bukan karena tidak menganggapnya penting, tetapi karena seringnya bertukar ponsel dengan istri dan anak saya, sehingga buku telepon dan pesan-pesan SMS bercampur dengan milik mereka, kacaulah semuanya...

Dengan dirasa pentingnya pengelolaan SMS, mestinya sudah harus mulai dipikirkan untuk memiliki SMS management client di PC/laptop yang terintegrasi dengan Outlook dan ponsel. Sebuah aplikasi yang induknya ada di PC, kemudian secara berkala dilakukan sinkronisasi dengan aplikasi SMS client di ponsel. Jika kita sedang bekerja di PC, per-SMS-an bisa dilakukan dari PC langsung dengan memakai ponsel sebagai "modem".

Hal ini juga bisa meningkatkan produktivitas ber-SMS yang biasanya relatif terbatas ketika dilakukan dengan ponsel, terutama karena keypad nya yang kecil dan membuat jari "kemeng" saat mengetik. Bisa pula lebih produktif dengan pengelolaan fungsi lain seperti forward/reply to many, bulk/group send, copy/paste atar pesan atau copy/paste dari document ke pesan, save as ke text/Office, dll. Amazing bukan?

Saya akan coba riset sedikit apa yang sudah dilakukan orang-orang diluar sana, saya pikir pemikiran ini pasti sudah berkembang, saya saja yang belum tahu... I'll let you know the result, stay tuned...

Update:
Hampir lupa, Windows Mobile mustinya mampu melakukan hal ini dengan sangat baik, namuna karena saya belum pernah menggunakannya sendiri, maka belum bisa bicara banyak.

Update:
Ya, beberapa keinginan saya diatas bisa dilakukan di MS Office Outlook 2003 dan 2007 dengan Microsoft Office Add-in: Microsoft Outlook SMS Add-in (MOSA). Prinsipnya melakukan pengelolaan SMS sama seperti pengelolaan email melalui PC yang terkoneksi ke jaringan seluler (di websitenya tertulis hanya GSM). Namun masih ada 1 yang belum bisa dilakukan, yaitu sync ke ponsel (misalnya menarik SMS yang ada di ponsel pada saat kita tidak berada didepan PC kita). Anyway, saya harus coba aplikasi ini di laptop saya, bisa bulk SMS... :-) pakai IM3 Rp 90/SMS.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...