Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

22 July 2008

Download Kurikulum SMK Teknologi Informasi 2004

Tidak gampang mencari informasi mengenai kurikulum sekolah di Indonesia. Ada banyak website, ada banyak proyek Diknas yang menyediakannya secara online. Tapi pada saat kita membutuhkannya, sangat sulit dilacak, terutama via Google. Biasanya karena server sudah tidak aktif. Hingga hari ini masih banyak rekan-rekan yang meminta kepada saya dokumen kurikulum SMK teknologi informasi (SMK TI). Bersama ini saya share saja file yang saya miliki, kebetulan yang saya miliki adalah file kurikulum SMK versi tahun 2004.

Saat tulisan ini dibuat, sekolah diwajibkan membuat sendiri kurikulum SMK berbentuk KTSP. Prinsipnya pada saat anda ingin membuat KTSP untuk sekolah anda, gunakan Kurikulum 2004 sebagai dasar, kembangkan atau kurangi sesuai kebutuhan anda. Bersama ini saya sampaikan juga contoh KTSP SMK program keahlian Multimedia dari SMKN 4 Malang yang sering dijadikan acuan (terima kasih pada pak Kwarta Adiprama yang membaginya). Anda tinggal menggunakan format contoh tersebut, dan memasukkan kebutuhan sesuai daerah anda dengan mengacu pada kurikulum 2004. Saya sertakan juga file presentasi lengkap bagaimana membuat KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SMK yang saya lupa didapat dari sumber mana (mohon maaf bagi pembuatnya).

Kemudian saya sertakan juga overview dari kurikulum SMK TI yang terdiri dari 3 program keahlian yaitu multimedia (MM), rekayasa perangkat lunak (RPL) dan teknik komputer jaringan (TKJ). File-file ini kami gunakan di SMK Teknologi Informasi (SMK TI) Airlangga Samarinda sebagai dasar bekerja. Silahkan langsung download dibawah ini.
Semua file saya kompresi kedalam bentuk RAR dan berukuran cukup besar, masing-masing 400an KB, kecuali contoh SMKN 4 Malang yang berukuran 3,5 MB. Jadi bersabarlah saat men-download-nya.

File-file ini saya simpan di Google Pages dan tulisan blog ini ada di Google Blogspot. Mudah-mudahan tetap exist selamanya kecuali Google bankrut. Semoga bermanfaat untuk yang memerlukannya.

28 comments:

Anonymous said...

huebat... tengkyu pak, sering2 sharing begini

Anonymous said...

Adri, masih ingatkah sama aku, sesama alumni Fulbright 2000 (aku di Athens Ohio). Namamu tak sengaja aku dapat di Koki yang tentang PON itu. Apa kabar? Sudah jadi pakar pendidikan dan teknologi rupanya ya. Good luck deh. Salam dari Iowa City.

Cecilia

Web Admin said...

cecil, pakabar juga, pasti inget lah... senang bisa denger berita dari iowa. keep in touch, i'll see u again someday...

M Abdul Ghofur said...

Pak, tolongin aku dong kirimin aku struktur kurikulum lengkap untuk program studi Teknik Informatika Komersial. Sudah tak cari2 internet kok nggak pernah ketemu. Thanks

Best Regards
M. Abdul Ghofur
081331620721

Web Admin said...

@mac gyver: setahu saya teknik informatika komersial itu sebutan masa lalu utk jurusan TI, setelah itu kemudian dipecah2 jadi multimedia, tkj, rpl, dll... jadi sekarang gak ada lagi. tapi kalau arsipnya mungkin bisa tanya di milis dikmenjur di yahoogroups.

Anonymous said...

Wah teriamakasih banyak Mas :-D

Nuhajat said...

Syukron jazakumullah,..
Thanks Mr,....

Mampir Ngombe said...

Tengkyu....bermanfaaat sekali...saya link ya..

Unknown said...

matursuwun, sangat bermanfaat..
kalo ada modul pembelajarannya pak

adhecman said...

terima kasih banget informasinya

adhecman said...

terima kasih banget informasinya

Anonymous said...

Matur nuwun, kapan-kapan tak unduh lagi ya...

Anonymous said...

MATUR SEMBAH NUWUN PAK..SUKSES TERUS..TI INDONESIA.

syam65 said...

terima kasih banyak pak, smoga ini menjadikan nilai ibadah bagi bapak dalam upaya memberikan ilmu yg bermanfaat bagi orang lain

zzetan_alazz said...

trima kasih..bang..sudah bantu membantu dunia pendidikan

alqorut said...

Makasih mas... dah gendong kemana-mana dapat disini. mo ijin nyedooot..

Unknown said...

assalamu alaikum..
gini lo, ko sy ksulitn mendownload kurikulum SMK teknologi informatika yang ad di Blog anda?? klo tidk keberatan tolong dkirimkan aj kealamt Email sy ya, plizzz.. mksh ditunggu lo scepatnya..

Web Admin said...

@laila: coba tunggu bbrp jam setelah usaha dl anda terakhir yg gagal. kebetulan file disimpan di google pages yg sedang dalam tahap perpindahan ke google sites. kemungkinan server mereka error atau ada gangguan.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

thank you, i also downloaded it

Muhammad Totok Prabowo said...

terimakasih Pak..
semoga sharing bapak ini menjadi keberkahan tersendiri bagi Bapak..amieen..:)
Good luck dan sukses selalu buat Bapak..
salam dari saya Totok Yogyakarta..

readone said...

thank's ya pa... kbeneran saya guru baru IT di SMK, jadi ada pencerahan ... skali lagi terimakasih... :) jika da uPdate sharing lagi ya pak.. hehehe...

Unknown said...

Puji Tuhan Gan...Anda menyelamatkan pekerjaan saya gan...untung Anda share-kan ini seluruhnya...sumpah Depdiknas gak nyediain...saya gag tau apa yang ada di sana kog sampai sampai hal yang penting seperti ini gag di unggah ke web dia,,
Super Gan.,

Anonymous said...

Matur Nuwun...
Saking mbatul niki...Mas Dab...

Cecep Akbar said...

terimakasih......
mudah2an jadi amal

Jagad Maya said...

Pak mohon kasih juga Kurikulum SMK Disain Komunikasi Visual (DKV). terimakasih


Audrey

Jagad Maya said...

Pak kirim juga dong Kurikulum SMK Disain Komunikasi Visual (DKV)

Audrey, Surabaya.

mcrate said...

h9w35q1o13 o4n17d0w19 e1k90l1k79 s0y12x1r59 d9z45r0f02 d4i61r6c76

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...