Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

07 August 2008

File Excel Hilang dari Situs Resmi Olimpiade Beijing 2008

Akhirnya pada saat saya kunjungi terakhir hari ini pada H-1, file-file MS Excel sudah hilang dari website resmi Olimpiade Beijing 2008 di http://en.beijing2008.cn/. Saat ini semua data sudah ditampilkan di situs berbentuk format SHTML. Silahkan lihat di link "Schedule dan Result". Silahkan baca tulisan saya sebelumnya saat situs resmi ini menampilkan semua jadwal pertandingan dalam bentuk file Microsoft Excel. Saya pikir ini adalah bentuk final dan akan terus dalam bentuk demikian hingga akhir nantinya. Untuk tampilan web based, jelas bentuk ini adalah bentuk paling praktis, user-friendly dan kita hanya perlu browser untuk view informasinya. Jika dalam format XLS Excel, maka pengunjung harus memiliki aplikasi yang bisa membuka file tersebut seperti MS Office atau Open Office. Tadinya bahkan saya berpikir, kenapa Excel? Kenapa tidak PDF misalnya?

Ternyata, seperti yang saya duga sebelumnya, file Excel adalah format sementara, format transisi pada saat sistem baru mulai running dan tim IT belum sempat membuat sistem konversinya dalam format yang lebih web-friendly. Mungkin juga karena data masih berubah-ubah serta format jadwal dari satu cabang dengan cabang lainnya berbeda, jadi tim programmer masih mencari bentuk terbaik dalam penyajiannya. Tapi saat itu panitia berpikir bahwa "customer adalah raja", maka dalam bentuk apapun yang paling praktis, data harus tersedia, jangan kosong...!

Acungan jempol untuk kesigapan tim IT dalam menanggapi situasi semacam ini. Ini juga bisa jadi bahan pembelajaran yang baik bagi siapaun yang mengelola suatu sistem informasi, terutama dalam suatu event begitu penting dimana jutaan user masuk dan menggunakannya.

Dan dari format data terbaru ini, informasi yang tersedia juga jauh lebih kaya dibanding format Excel sebelumnya. Dari setiap pertandingan, kita bisa langsung klik ke nama pemain atau regunya untuk mendapat data rinci tentang pemainnya. Begitu juga untuk mendapatkan info tentang venue tempat pertandingannya, cara menuju kesana, dst, tinggal klik nama venue nya. Kemudian juga dilengkapi dengan jam waktu pertandingan dilaksanakan yang asumsi sementara saya saat ini pasti adalah jam yang tepat. Entah bagaimana caranya mereka menghadapi situasi pergeseran jadwal seperti yang banyak terjadi di PON 2008 lalu di Kalimantan Timur yang mengakibatkan jadwal di situs resmi jadi kacau.

Dan akhirnya, secara desain, tampilan jadwal dan hasil pertandingan juga ditampilkan sangat manis dan gampang diikuti...

Sebagai kenang-kenangan historis yang mungkin tidak akan anda bisa temui lagi, saya arsipkan file-file Excel yang sempat muncul tersebut disini (ada 3 file dari 3 cabang olahraga):
- AT.xls
- TT.xls
- SW.xls

Lihat juga tulisan-tulisan saya lainnya mengenai Olimpiade Beijing atau Summer Olympics Beijing 2008 dalam kategori Olimpiade 2008.

Foto diatas adalah sulutan api olimpiade yang akhirnya tiba di Beijing setelah dibawa lari keliling dunia. Siapa yang menyulut? Penyanyi Song Zuying. Dimana? Di Kuil Bumi atau Temple of Earth.

3 comments:

Anonymous said...

untuk mengetahui kegiatan IT di olimpiade, silahkan lihat di http://www.atosorigin.com/en-us/olympic_games/daily_it_update/

Anonymous said...

Dalam filosofi Tiongkok kuno dikenal "jurus" untuk memecahkan masalah yang sangat besar dengan usaha sekecil-kecilnya. Atau dalam dunia bela diri, kalahkan musuh dengan upaya seminim mungkin. Kalau perlu tanpa berperang/bertarung.

Mungkin Tiongkok ingin menunjukkan kepada dunia, "hanya dengan Excel" dia mampu "menaklukkan dunia".
Padahal seperti dalam tulisan saya sebelumnya, di balik Excel itu ada VBA yang cukup powerful.

Semoga terinspirasi :-)
http://www.yuhana.com
IT for Family

wow golds 987 said...

Your are always welcome, we are in HUGE stock for WoW Gold at all times!! There's no need for worrying about buying without gold stock. Your benefit is respected. Once you place the wow gold order, gold will be on it’s way in a few minutes. Security guaranteed!!
MMOinn.com is the largest and most professional trading platform for World of Warcraft gold. Trading is easy and safe here with satisfy guarantee!

You will also see level 12-13 Defias mobs around the Windmill (There's about 6-7). It is really a great place to farm, great place to level new weapons.
buy wow gold

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...