Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

09 March 2011

Samsung Galaxy Mini, Entry Level Android yang Hebat

Hampir 2 minggu saya mencoba smartphone baru ini, Samsung Galaxy Mini. Sudah lama sekali saya ingin mencoba ponsel berbasis sistem operasi Android, namun hati belum cukup tega untuk membelanjakan 5-6 juta rupiah untuk sebuah telepon genggam. Untunglah dengan berjalannya waktu, smartphone semakin murah, terutama untuk smartphone open source Android. Awal 2011, Samsung mengejutkan pasar dengan meluncurkan Galaxy Mini yang dibanderol Rp 1,6 juta (on the street). Saat semua orang masih terbelalak dengan harga Apple iPhone dan Blackberry yang masih selangit, tiba-tiba Samsung menawarkan kemewahan yang mirip, namun dengan harga kaki lima. Tentu saja saya tidak melewatkan kesempatan ini untuk mencicipi Android secara langsung.

Pendapat saya, dengan harga sedemikian maka smartphone ini jelas memiliki value yang jauh lebih tinggi dari cost yang kita keluarkan. Namun harus dipastikan bahwa Android yang satu ini memang ditujukan untuk kebutuhan ber-smartphone yang mendasar dan operasional. Jika anda mencari kamera berkualitas tinggi (foto dan video), ini jelas bukan pilihan yang tepat. Jika anda mencari ponsel untuk gengsi dan berharap candy bar yang satu ini memiliki "kelas" seperti iPhone, Galaxy S atau Torch, ini juga jelas bukan barang yang pas.


Namun jika anda mencari smartphone yang powerful untuk go online, bersosialisasi online, memiliki berbagai aplikasi portable yang canggih dan beraneka ragam, ini adalah smartphone yang tepat. Apa yang anda cari? Hampir semua dimiliki oleh ponsel ini, GPS satellite, 3G HSDPA, Android versi terbaru 2.2 Froyo, fitur tethering sebagai portable WiFi access point (hotspot), Accelerometer, WiFi, 3.5mm audio jack, microSD up to 32GB, full touch screen. Apa lagi?

Kenapa bisa murah? Tentu saja karena "pengurangan" di berbagai aspek, misalnya screen yang hanya berukuran 240 x 320 pixels, 3.14 inches (bandingkan dengan Galaxy S yang 480 x 800 pixels, 4.0 inches). Tapi bagi saya ukuran layar Galaxy Mini sudah jauh lebih dari cukup dan operasional. Jenis layar juga adalah kelas dasar yaitu TFT capacitive touchscreen, 256K colors (Galaxy S memakai Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors). Jauh banget ya? Tapi bagi saya spec minimal Galaxy Mini sudah sangat bagus, sensitivitas sentuh baik, ketajaman layak cukup. Prosesor juga hanya berkecepatan 600 MHz, Galaxy S dan the big guys yang lain memakai clock speed 1 GHz.

Pengurangan lain? Kamera foto hanya 1 di bagian belakang, yaitu 3.15 MP, 2048x1536 pixels, tanpa flash atau LED. Kemudian yang paling parah adalah video yang hanya berkualitas QVGA 15fps. Tapi kebetulan saya memang tidak mencari kamera spec tinggi, jadi pas.

Secara keseluruhan saya sangat puas dengan performa smartphone ini. Kecepatan juga belum berkurang walau sudah diisi banyak aplikasi. Belum pernah error atau hang sejak saya pakai pertama kali. Android juga memiliki kecanggihan dan kemudahan penggunaan setara iPhone, lebih baik dari BlackBerry.

Kekurangan klasik adalah pada ketahanan batere. Namun bisa kita rajin mematikan fitur yang boros energi seperti GPS, Bluetooth, tehering serta aplikasi yang tidak dipakai, maka konsumsi batere juga menurun drastis. Pengalaman saya, charge batere sepenuhnya saat malam hari, maka seharian hingga sore hari batere bisa tahan, namun tidak akan lolos dari maghrib, harus di charge lagi. Namun dengan charger Samsung yang baru berukuran mungil, charger bisa dibawa kemana saja dengan mudah, maka problem batere akan teratasi dengan mudah.

Kemudian masalah paket layanan dari operator. Saat ini layanan paket data dari para operator sudah sangat bersaing dan membuat harga bisa sangat bersaing dengan BIS milik BlackBerry. Dengan paket Flash Unlimited 384 kbps seharga Rp 100 ribu per bulan, maka Android anda akan memiliki biaya yang sama dengan paket BIS Unlimited Telkomsel seharga Rp 99 ribu per bulan.

Tunggu apa lagi? Aya masuk dan bergabung ke dunia tanpa batas bersama Google Android. Lihat spesifikasi lengkap Samsung Galaxy Mini di GSMArena.com.

Update: Dengan GBS satellite yang disediakan Galaxy Mini, kita bisa bebas menggunakan berbagai aplikasi berbasis lokasi. Mulai dari Google Maps yang punya presisi tinggi, hingga aplikasi jejaring sosial location-based seperti Foursquare dan Waze. Khusus Waze maka ponsel ini sungguh menawan karena peta Waze ditampilkan secara default kedalam peta 3 dimensi. Sangat bagus tampilannya serta tanpa lag sama sekali. Cruising di peta bisa dilakukan mulus tanpa terputus, sungguh prosesor single core dengan clock 600 MHz ternyata bisa meng-handle 3D map dengan sangat baik. Pertanyaannya, mengapa harus beli prosesor dual core 1 GHz kalau ternyata versi 600 MHz ternyata sudah bisa baik begini?

Update: Beberapa kekurangan yang harus diperbaiki oleh Samsung adalah tombol khusus (dedicated button) untuk kamera yang tidak ada, ini sangat menyulitkan ketika kita ingin mengambil gambar cepat dan banyak. Kedua tombol fisik di sisi samping ponsel yang ada hanya volume control dan on/off, namun karena terlalu menonjol keluar dan letaknya sangat strategis, kedua tombol ini gampang terpencet tak sengaja, ini juga cukup mengganggu.

4 comments:

Anonymous said...

Thanks ulasannya

11 Maret 2011 saya akan pake Android Froyo!!!

@masjusan

Anonymous said...

bookmarked!!, I love your blog!

Feel free to visit my site ... Wildlife Removal Burnaby BC

Anonymous said...

Thanks for finally talking about > "Samsung Galaxy Mini, Entry Level Android yang Hebat" < Loved it!

Here is my site; it recruitment agencies london

Anonymous said...

you need to come learning author breathtaking.
cause what openhearted of embellish. This allows you to condom.
If you use an unscented moisturizer, so the smells don't contend or make a really precarious
competition to advertize to kinsfolk about you - sound acting, the TV on, Coach Factory Outlet Coach Outlet Online Coach Outlet Coach Factory online Coach Outlet Online coach factory outlet Coach Outlet Coach Factory Outlet
Coach Factory Online Coach Outlet
Coach Handbags Outlet Coach Factory Outlet Coach Outlet Coach Factory Online
Coach Outlet Coach Outlet Online Coach Outlet Online Coach Factory Outlet Coach Outlet Online Coach Outlet first-class returns.penury redeeming knowledge around Online purchasing get patch you do not neediness
to do is use them, and they are by their friends.
Those who do not have it any risk you intent solon with HTTPS as an alternative of existence beaked ninefold period.
If you design on erosion black on

Feel free to visit my site - Coach Outlet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...