Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

15 December 2007

Google Knol, Initial Review

Google dengan kekuatan finansialnya saat ini sungguh merupakan ancaman bagi kompetitor manapun di dunia ini. Dan Google sudah mulai bergerak jauh dari bisnis inti awalnya yaitu melakukan index content Internet dimana data/info yang di index bukan miliknya. Atau paling jauh menyediakan jasa bagi publik untuk menyimpan content nya di Google (contoh: Blogger, Google News, dll). Namun saat ini Google mulai berpikir untuk menjalankan bisnis mengumpulkan, membuat dan memiliki sendiri content tsb.

Nama inisiatif baru ini adalah Google Knol, kependekan dari unit of knowledge. Walaupun belum dibuka penuh informasinya, tapi menurut berita yang berseliweran di Internet, layanan ini sudah masuk tahap beta dan sudah mulai diisi.

Konsepnya adalah untuk mendorong orang-orang yang memiliki pengetahuan mengenai apa saja untuk menulis dan membaginya ke publik melalui hosting dan authoring tools yang disediakan Google. Menurut Google Blog, tidak sembarang orang juga bisa ikut menulis disitu, tapi adalah orang-orang yang memang memiliki otorisasi di bidangnya. Misalnya tulisan mengenai program ruang angkasa USA, yang akan diundang dan diizinkan menulis adalah orang-orang NASA, kira-kira begitu konsepnya. Tambahan info dari Google, tidak seperti Wikipedia yang ada editor-nya, maka Knol akan menggantungkan sepenuhnya kredibilitas isi content kepada penulisnya. Hal yang wajar mengingat penulisnya adalah orang yang memiliki otoritas dibidangnya.

Artinya layanan ini akan mengancam langsung Wikipedia yang selama ini merajalela di puncak teratas hampir semua search term yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan di Google search result. Selama ini Google Search menjadi sangat populer karena independensinya, Google rank tidak dapat dibeli! Begitu selalu koar-koar saya di setiap kuliah yang berkenaan dengan Googling dan online research yang saya berikan. Dengan adanya content yang dimiliki oleh Google sendiri dan berkenaan dengan bisnisnya, akankah Google mampu mempertahankan independensinya?

Selama ini pun sudah mulai terasa dimana search result Google cenderung memberi rank lebih tinggi ke blog-blog yang dihosting di Blogger, saya merasakannya langsung karena semua blog saya ditaruh di Blogger.

Bayangkan kalau Google Knol sudah di launch nanti. Seberapa jauh Google bisa mempertahankan obyektifitas nya dalam menyusun rank di search result nya? Menarik untuk ditunggu perkembangannya.

Akibatnya, di beberapa kuliah terakhir saya, mulai muncul statement-statement baru: Google bukanlah segalanya. Dan saya selalu memberikan perbandingan search result dari Google dengan dari Yahoo!, Ask.com dan Microsoft Live. Hasilnya? Memang dalam beberapa kasus, result dari Google kalah mantap dibanding saingannya.

Kembali ke Google Knol. Ide lanjutan dari Google adalah untuk memberikan sharing hasil AdSense, iklan yang akan ditaruh Google di halaman-halaman Knol. belum ada info resmi berapa besar sharing nya. Namun diisukan akan signifikan. Artinya Google memang sungguh-sungguh ingin menarik the best info resources yang ada di dunia ini. Bagi penulis/kontributor, dari pada ribet buat blog sendiri, manage AdSense sendiri, mending sharing langsung di Knol.

Apakah Knol akan membunuh Wikipedia? Sangat mungkin. Tapi secara logika, memang bisa saja tidak, karena konsep dasarnya agak berbeda. Tapi feeling saya, sulit Wikipedia akan bertahan kalau Knol semakin kuat dan lengkap.

Yang menarik, seberapa cepat Google akan membawa Knol kedalam berbagai versi bahasa lain selain English? Kalau ya, pasti juga akan menarik melihat perkembangannya di versi bahasa Indonesia, mengingat malasnya orang Indonesia menulis. Lihat saja Wikipedia Indonesia yang perkembangannya sangat lambat. Tapi perlu diingat juga orang kita materialistis, kalau di Wikipedia gratis nulis, tapi gratis juga imbalannya. Kalau Knol? Bisa berbeda hasilnya.

Kita lihat perkembangannya...

Update 24 Juli 2008:
Akhirnya versi beta dari Google Knol diluncurkan. Lihat tulisan saya mengenai hal ini di http://teknohikmah.blogspot.com/2008/07/google-knol-akhirnya-diluncurkan.html

3 comments:

Yusuf Arif Setiawan said...

good posting!

Anonymous said...

postingan bagus... saya minta ijin untuk di share di ictindonesia.wordpress.com

Web Admin said...

silahkan share mas/mbak, no problem, semakin banyak yg menyebarkan semakin baik...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...