Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

13 August 2008

Data Hasil Pertandingan Olimpiade Beijing 2008, NBC Lebih Detail

Kali ini saya buat perbandingan antara 2 situs online terbesar yang menampilkan data Olympiade Beijing 2008. Yang pertama adalah situs resmi di http://results.beijing2008.cn dan situs yang dikelola raksasa media Amerika NBC dan Microsoft di http://www.nbcolympics.com. Tampaknya dalam banyak hal kedua sistem informasi ini tidak saling "connect", namun secara umum data NBC lebih detail. Database berbeda disana-sini, namun untuk data-data utama sama, seperti jumlah perolehan medali emas, perak dan perunggunya. Lihat juga tulisan saya sebelumnya mengenai sistem informasi perolehan medali serta tulisan lainnya mengenai aspek IT di Olimpiade Beijing 2008.

Langsung lihat contoh, silahkan lihat file screenshot dari cabang olahraga Balap Sepeda yang sudah selesai dipertandingkan dan medali sudah dibagi, artinya data sudah final (official). Cabang ini disebut oleh situs resmi sebagai "Women's Road Race, Cycling Road Course", sementara NBC menyebutnya "Women's Road Race, Road Cycling Course". Terbalik penulisannya, sedikit aneh ya? Penyebutan nama event pun bisa berbeda. Mungkin karena perbedaan grammar bahasa Cina dan Inggris.

File screenshot saya simpan di situs terpisah, silahkan download:
- Angkat Besi NBC
- Angkat Besi Situs Resmi
- Balap Sepeda NBC
- Balap Sepeda Situs Resmi

Kasus Pertama: Balap Sepeda

Kita lihat lebih detail di data yang terpampang diantara keduanya. Tidak ada perbedaan dari sisi urutan akhir, race number, nama negara. Namun sangat berbeda dari waktu yang dibuat masing-masing pembalap. Situs resmi membagi data kedalam kolom "Final Time" dan "Time Behind" saja, sementara NBC membaginya kedalam rincian yang lebih detail dalam "Diff.", "78.8km", "89.8km", "102.6km", "113.6km", "Final". Jadi, situs resmi datanya lebih sederhana, NBC lebih lengkap.

Mari masuk ke detail data. Juara 1 COOKE Nicole, mencatat waktu akhir 3:32:24 (versi situs resmi), sementara NBC mencatat hingga di 113.6 km Nicole mencatat waktu 3:18:46, tapi NBC tidak menyediakan waktu final saat pembalap ini masuk garis finish. Keanehan yang aneh... Prediksi saya, admin NBC kelupaan men-display final time, sementara operator situs resmi hanya menampilkan hasil akhir saja agar pembaca tidak terlalu ruwet melihat angka. Mungkin...

Data lainnya sama, terutama time difference antara pembalap satu dengan pembalap dibelakangnya. Nama atlet juga sama persis dan tidak ada perbedaan hingga ke ejaannya.

Hingga disini, saya yakin database keduanya berasal dari 1 sumber, hanya pen-display-an saja yang berbeda.

Kasus Kedua: Angkat Besi

Sekarang kasus kedua, Men's 56kg (123 lbs), keduanya menyebut nama yang sama, hanya NBC menambahkan data dalam lbs (pound) standar USA yang kurang kenal dengan ukuran kg.

Perbedaan paling mendasar, situs resmi menderetkan seluruh lifter dalam 1 tabel, NBC membaginya dalam tab berbeda atas grup A dan B, sementara situs resmi dalam tabel panjang gabungan kedua grup. Namun ada perbedaan data kecil yang sangat mengganggu. Lifter YAMADA Masaharu dari Japan masuk grup B di situs resmi, namun tertulis di grup A di NBC. Ini data yang sangat berbeda.

Data detail dari angkatan 1, 2 dan 3 serta angkatan tertinggi yang berhasil, kemudian total angkatan snatch dan clean & jerk sama, tidak ada perbedaan.

Perbedaan yang mengganggu hanya ada di berat badan masing-masing atlet, NBC menampilkan detail hingga 2 angka dibelakang koma, sementara situs resmi tampaknya hanya menampilkan pembulatannya saja. Contoh atlet LONG Qingquan, di situs resmi disebut memiliki berat badan 56.00 kg, sementara di NBC tertulis 55.37 kg. Begitu seterusnya untuk data berat badan seluruh atlet yang lain.

Dalam angkat besi, data berat badan atlet harus dicatat rinci. Kenapa? Karena pada saat angkatan kedua atlet sama, yang membedakan adalah berat badannya, yang lebih ringan berat badannya menang. Data detail hingga 2 digit dibelakang koma akan sangat berpengaruh, dan data itu hanya bisa dilihat di data NBC. Saya yakin panitia di lapangan pasti memiliki datanya, namun yang sedang kita diskusikan adalah bagaimana "mengantarkan" data di lapangan tadi secara real-time, lengkap dan akurat ke publik.

Dari perbandingan data 2 kasus diatas, kesimpulan saya tidak ada perbedaan banyak, namun tetap ada perbedaan! Data NBC secara keseluruhan lebih legkap dan detail, sementara data situs resmi panitia cenderung disederhanakan dan tidak rinci. Kemungkinan besar database keduanya sama, artinya kedua situs menggunakan raw database yang sama (shared), namun dalam display ke publik, keduanya memiliki "gaya" yang berbeda.

Kok bisa begini ya? Data resmi malah kalah detail dari situs tidak resmi...

Saya akan pantau terus perkembangannya, baca terus ulasan saya tentang aspek-aspek IT di Olimpiade Beijing 2008.

Salam IT untuk Olahraga...!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...