Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

14 August 2008

Ponsel Berbasis Google Android Meluncur September 2008?

Isu yang berkembang, ponsel pertama yang akan dipasarkan ke publik ini akan meluncur 17 September 2008 di USA. Ponselnya adalah HTC dari Taiwan dengan operator T-Mobile. OS-nya Google Android yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk diluncurkan. Ini akan meramaikan pasar operating system (OS) ponsel yang selama ii didominasi Symbian yang paling banyak dipakai Nokia, kemudian ada juga Microsoft Windows Mobile, Apple iPhone (yang tertutup hanya pada 1 hardware saja), Linux Mobile, Palm dan RIM Blackberry.

Harganya? USD 399. Mahal sekali ya? Ini karena HTC Dream, nama ponsel ini, akan memiliki fitur 3G, 3 megapixel camera, touch screen dan keyboard slide QWERTY. Harapan awal saya, kalau bisa ponsel murah dengan OS canggih ini bisa dijual retail dengan harga kurang dari USD 100. Nokia berbasis Symbian OS termurah sudah bisa di kisaran harga USD 200. Harusnya Android fokus juga untuk meluncurkan versi murah dulu disamping yang versi high-end. Atau harapan saya terlalu muluk?

Mengapa saya ulas isu ini? Ada banyak sekali harapan pada OS baru yang dibuka sebagai open source oleh penggagas utamanya Google. Jadi tim Google membuat prototype awalnya, kemudian dilempar ke komunitas dan statusnya menjadi open source. Google juga mengundang perusahaan IT besar lain untuk mendukung proyek ini. Problem terbesar di dunia seluler atau ponsel ini adalah begitu beragamnya format handset yang ada di pasaran, baik dari sisi hardware maupun software. Sangat diharapkan adanya persaingan ketat yang sehat dalam mengembangkan OS yang betul-betul universal, terbuka, saling bisa beroperasi lintas merek & OS, serta bisa dipakai oleh sebanyak-banyaknya pengguna dengan harga yang murah.

Ponsel yang canggih (dengan OS yang baik) dan software pendukung yang banyak dan murah akan bisa meningkatkan harkat hidup orang banyak. Ponsel ber-OS canggih identik dengan komputer kecil, bisa membuat penetrasi komputer ke masyarakat lebih tinggi. Bisa memiliki kegunaan setara PDA atau bahkan mini laptop lain.

Akan saya update terus perkembangan Android ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

Update 16 Agustus 2008:
Silahkan cek HTC Dream, ponsel pertama yang akan meluncur dengan OS Android. Situs resminya belum ada. Tapi kalau anda search di Google tentang ponsel ini, sudah muncul beberapa bocoran.

Berikut salah satu fotonya yang sudah beredar online, tapi bukan dari sumber resmi.


4 comments:

Anonymous said...

gak yaki bisa sebagus symbian.. apalagi baru, pasti masih banyak bug

Nokia Lovers said...

WAH PINGIN BANGET NGINCIPIN ANDROID ...KAYAKNYA ENAK BANGET TUH HP BISA DI UPREX UPREX SEMAUKU..EH AKU FOLLOW YA BLOGNYA ARTIKELNYA BAGUS BAGUS...JANGAN LUPA FOLLOW BALIK BUAT NAMBAH TEMEN...MAKASIH

qazdec27 said...

wahh,,,
pgn bgt punya hape android...
kapan yah bisa kebeli,,
jangan lupa ya mampir
kesini

iyha said...

wah... seru tu kalo punya hp'a...
tapi muasih muaaahaaall...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...